Memahami Tentang Pembelajaran Multimedia

Deskripsi Multimedia

by Unknown , at 00.59
Deskripsi Multimedia Belajar Tentang Multimedia ,Blog ini saya dirikan pada tanggal 11-January-2015 Yang didirikan Oleh saya Sebagai Admin Muhamad Yadi Suryadi Alasan saya Mendirikan Blog Ini karena Saya Kebetulan juga Jurusan Multimedia Di SMK Negeri 1 Cariu. Ilmu multimedia menarik untuk dipelajari dan dikembangkan, karena Belajar Tentang mulltimedia mengadung banyak wawasan dan pembelajaran berbagi macam bahasan dipelajari disini dari mulai:
web
komputer
desain
Penyuntingan
pengeditan
Pengolahan informasi 
pencetakan
dan lain-lain

Pembukaan

Tentang Deskripsi Multimedia Dalam multimedia, banyak hal unik yang belum pernah diajarkan sebelumnya. Misalnya cara membuat Animasi,Shooting film,Menbuat WEB sendiri,Membuat Program sendiri dan lain-lain.Dan mungkin tidak seluruh perguruan mengajarkan Ilmu multimedia, soalnya diberbagai perguruan SMK mengajarkan Ilmu TKJ(teknik komputer dan Jaringan).Sesuai dengan namanya Multimedia membunyai banyak kelebihan dalam metode pembelajaran dibandingkan metode pembelajaran Komputer yang lainnya. 

Penjelasan

Multimedia mempunyai dua kata yakni Multi(serba) Media(pelantara) jadi, multimedia Serba membahas semua tentang berbagai media pelantara.misalnya:
Tentang Web/web site
Pemograman web  merupakan salah satu mata pelajaran wajib dasar pada dasar program keahlian Teknik Komputer dan Informatika (TKI) atau Multimedia. Berdasarkan struktur kurikulum mata pelajaran Pemrograman web disampaikan dikelas X.
pemrograman web ditekankan pada pengenalan teknologi web, profesi yang berhubungan dengan dunia web sehingga Kita mendapatkan gambaran akan dunia kerja nantinya. Perintah-perintah dari HTML untuk pembuatan halaman web juga merupakan materi pokok pada web. Dikenalkan juga pengintegrasian komponen multimedia kedalam teknologi web sehingga dapat menyajikan sebuah halaman web sesuai dengan kaidah/aturan yang berlaku. Saat ini ada banyak aneka profesi di bidang Teknologi Informasi atau Ilmu Multimedia. Perkembangan dunia Ilmu Multimedia telah melahirkan bidang baru yang tidak terlepas dari tujuan utamanya yaitu untuk semakin memudahkan manusia dalam melakukan segala aktifitas. Munculnya bidang Teknologi Ilmu Multimedia yang baru juga memunculkan profesi di bidang Ilmu Multimedia yang semakin menjurus sesuai dengan keahlian masing-masing kita akan Belajar Tentang Multimedia.
Secara umum, pekerjaan di bidang teknologi informasi setidaknya dapat dikelompokan sesuai bidangnya, misalnya.
a. Kelompok pertama, adalah mereka yang bergelut di dunia perangkat lunak (software), baik mereka yang merancang sistem operasi, database maupun sistem aplikasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
*Sistem analis, merupakan orang yang bertugas menganalisa system yang akan diimplementasikan, mulai dari menganalisa system yang ada, kelebihan dan kekurangannya, sampai studi kelayakan dan desain system yang akan dikembangkan
* Programer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan system analis, yaitu membuat program ( baik aplikasi maupun system operasi ) sesuai system yang dianalisa sebelumnya.
* Web designer, merupakan orang yang melakukan kegiatan perencanaan, termasuk studi kelayakan, analisis dan desain terhadap suatu proyek pembuatan aplikasi berbasis web.
* Web programmer, merupakan orang yang bertugas mengimplementasikan rancangan web designer, yaitu membuat program berbasis web sesuai desain yang telah dirancang sebelumnya.
b. Kelompok kedua, adalah mereka yang bergelut di bidang perangkat keras (hardware).
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
* Technical engineer, sering juga disebut teknisi, yaitu orang yang berkecimpung dalam bidang teknik, baik mengenai pemeliharaan maupun perbaikan perangkat system computer.
* Networking engineer, adalah orang yang berkecimpung dalam bidang teknis jaringan computer dari maintenance sampai pada troubleshooting-nya.
c. Kelompok ketiga, adalah mereka yang berkecimpung dalam operasional system informasi.
Pada lingkungan kelompok ini, terdapat pekerjaan-pekerjaan seperti :
*EDP Operator, adalah orang yang bertugas mengoperasikan program-program yang berhubungan dengan electronic data processing dalam lingkungan sebuah perusahaan atau organisasi lainnya.
*System Administrator, merupakan orang yang bertugas melakukan administrasi terhadap system, memiliki kewenangan menggunakan hak akses terhadap system, serta hal-hal lain yang berhubungan dengan pengaturan operasional sebuah system.
Berikut ini adalah profesi-profesi yang langsung terkait dalam pengembangan aplikasi web, diantaranya :
Web Designer
Seorang desainer Web adalah orang yang bertanggung jawab untuk menentukan tampilan sebuah website. Tugasnya adalah pendisainan tampilan situs (web) mulai dari pengolahan gambar, tata letak, warna, dan semua aspek visual situs. Fokus utama mereka adalah tampilan / layout dari web. Mereka lebih konsen dengan bagaimana halaman terlihat dan apakah berfungsi sempurna ketika sudah diberikan bahasa pemrograman. Didalam pendandanan suatu situs seorang Web Designer harus menguasai :
 -HTML, DHTML
-Pengolah Gambar
-Animasi, Movie (Film)
Web Programmer
Web Programmer bertugas dalam melakukan pengcodingan atau pemograman sebuah website agar dinamis. dimana agar sebuah web tersebut dapat telihat mudah bagi seorang web admin.
Jika situs yang akan dibuat mempunya fasilitas interaksi antara pengunjung dan situs misalnya menyangkut dengan transaksi, input output data dan database maka seorang Web Programmer yang akan mengerjakannya dengan membuat aplikasi-aplikasi yang berkerja diatas situs (web). Penguasaan yang biasanya harus dikuasai pada umumnya oleh Web Programmer :
- CGI Perl, PHP, MySQL (Unix base)
- ASP (NT base)
- Java Script dan Applet
Web Administrator
Tugasnya adalah untuk memaintenance suatu server, mengerti akan Sistem Operasi Server, baik itu mulai dari instalasi sampai kepada masalah (troubleshooting), biasanya seorang Web Administrator harus menguasai :
- OS Unix (LInux, FreeBSD, dll)
- OS NT
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
- Keamanan Server
Web Master
Seoarang Web Master adalah seorang yang mengerti akan kesemua hal mulai dari disain, program dan keamanan server namun tidak terlalu turut mencampuri ke masing-masing divisi, cukup dengan mempertanggun jawabkan atas jalannya suatu situs (web). Penguasaan yang harus dimiliki :
- HTML, DHTML
- CGI Perl, PHP, MySQL, ASP, Java
- Penguasaan bermacam OS (Operating System)
- Keamanan Server
- Jaringan (LAN, WAN, Intranet)
Web Developer
Kegiatan diatas secara keseluruhan dinamakan suatu team yang dinamakan Web Developer.
Web developer memberi bantuan seperti konsultasi web, konsep web yang akan di buat, membangun sebuat website..
Dari semua jenis pekerjaan diatas tidak semua adalah sebuah profesi karena tidak semua orang ahli dalam bidang tersebut. Yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi yaitu jika seseorang sudah ahli di dalam bidang pekerjaan tersebut. Jika di pekerjaan diatas yang bisa dikatakan sebagai sebuah profesi adalah web designer, web programmer, web administrator, web master dan web developer karena dalam bidang tersebut seseorang memang sudah memiliki keahlian di dalamnya.
 Ada Pula dalam Ilmu Multimedia menjelaskan tentang  Sejarah web. World Wide (Web), biasa lebih terkenal disingkat sebagai WWW adalah suatu ruang informasi yang dipakai oleh pengenal global yang disebut URL (Uniform Resource Locator) untuk mengenal pasti sumber daya berguna. WWW sering dianggap sama dengan Internet secara keseluruhan, walaupun sebenarnya ia hanyalah bagian daripada Internet.
WWW merupakan kumpulan web server dari seluruh dunia yang mempunyai kegunaan untuk menyediakan data dan informasi untuk dapat digunakan bersama. WWW adalah bagian yang paling menarik dari Internet. Melalui web, para pengguna dapat mengakses informasi-informasi yang tidak hanya berupa teks tetapi bisa juga berupa gambar, suara, video dan animasi.
Kegunaan ini tergolong masih baru dibandingkan surat elektronik, sebenarnya WWW merupakan kumpulan dokumen yang tersimpan di peladen web, dan yang peladennya tersebar di lima benua termasuk Indonesia yang terhubung menjadi satu melalui jaringan Internet.  Dokumen-dokumen informasi ini disimpan atau dibuat dengan format HTML (Hypertext Markup Language).
Suatu halaman dokumen informasi dapat terdiri atas teks yang saling terkait dengan teks lainnya atau bahkan dengan dokumen lain.  Keterkaitan halaman lewat teks ini disebut pranala. Dokumen infomasi ini tidak hanya terdiri dari teks tetapi dapat juga berupa gambar, mengandung suara bahkan klip video. Kaitan antar-dokumen yang seperti itu biasa disebut hipermedia.
Jadi dapat disimpulkan bahwa WWW adalah sekelompok dokumen multimedia yang saling bertautan dengan menggunakan tautan hiperteks. Dengan mengeklik pranala (hyperlink), maka para pengguna bisa berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya.
WWW adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991. Awalnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Untuk itu, beliau mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadi. Sistem itu adalah program peranti lunak yang diberi nama Enquire. Dengan program itu, Berners-Lee berhasil menciptakan jaringan yang menautkan berbagai arsip sehingga memudahkan pencarian informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kelak menjadi dasar dari sebuah perkembangan pesat yang dikenal sebagai WWW. WWW dikembangkan pertama kali di Pusat Penelitian Fisika Partikel Eropa (CERN : Organisation Europeenne pour la Recherche Nucleaire), Jenewa, Swiss. Pada tahun 1989 Berners-lee membuat pengajuan untuk proyek pembuatan hiperteks global, kemudian pada bulan Oktober 1990, 'World Wide Web' sudah dapat dijalankan dalam lingkungan CERN. Pada musim panas tahun 1991, WWW secara resmi digunakan secara luas pada jaringan Internet.
    Di dalam Multimedia juga dijelaskan bagaimana cara KERJA WEB.  Sebuah web browser adalah program perangkat lunak yang gunakan untuk mengakses World Wide Web dari Internet. Browser pertama, yang disebut NCSA Mosaic, dikembangkan di Pusat Nasional untuk Aplikasi Super Komputer di awal 1990-an. Yang mudah digunakan, cukup klak-klik sehingga membantu mempopulerkan Web.
Meskipun banyak browser yang berbeda yang tersedia, Microsoft Internet Explorer dan Mozilla Firefox yang jauh yang paling populer. (Banyak pengguna Mac lebih memilih browser Safar) Persaingan untuk mendominasi pasar telah membawa perbaikan terus-menerus untuk perangkat lunak. (keduanya didasarkan pada NCSA Mosaic)
dapat mendownload Internet Explorer dan Firefox secara gratis dari situs web masing-masing perusahaan. Jika sudah memiliki satu browser, dapat menguji yang lain. Juga mencatat bahwa ada sedikit perbedaan antara versi Windows dan Macintosh.
    Tak hanya Web, Belajar Tentang Multimedia pun menjelaskan Berbagai aplikasi Komputer Contoh:
-Photoshop
    Photoshop merupakan Aplikasi pengeditang atau pun sebagai aplikasi pengolah gambar, dengan kualitas bagus. Kita bisa edit berbagai photo/gambar sesuai dengan kreatifitas kita.
-Microsoft Office
    Microsoft Office merupakan aplikasi yang memiliki Banyak keluarga contohnya Microsoft Word yakni aplikasi pengolah angka yang sering digunakan untuk pengetikan atau pun pengeditan Dokumen. Terus ada lagi Microsoft Excel aplikasi ini sering digunakan sebagai persentase atau penghitungan data-data dan merupakan aplikasi pengolah angka. Dan masih banyak lagi...
-C++
    C++ mungkin sebagian ada yang belum tau??” C++ biasanya digunakan untuk mebuat perogram HTML ada pun yang digunakan untuk rumus-rumus Fisika ataupun Matematika. Tapi Biasanya C++ digunakan untuk Rumus ALGORITMA. “Ada yang tau apa itu Algoritma??” ‘Kalau belum tau saya akan jelaskan secara singkat’. Algoritma adalah suatu Urutan langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah yang disusun secara sistematis.

Penutup

   Mungkin tak semua bisa saya jelaskan tentang Multimedia tapi ingin lebih tau banyak lagi tentang multimedia ikuti terus perkembangannya diBlog saya.
Harapan saya Kedepan Semoga Blog Ini Menjadi Blog pavorit disemua kalangan Aminnnn...
dan saya Mohon Dukungannya kepada para "Sobat" semuanya ya...
Insyaallah Yang Akan Disediakan disini:
-Mata Pelajaran Komputer
-Mata Pelajaran Umum
-perkembangan Komputer
-Tutorial
-dan lain-lain...
Sekian dari saya Deskripsi Multimedia Wasalammualaikum... wr.wb

Deskripsi Multimedia
Deskripsi Multimedia - written by Unknown , published at 00.59, categorized as Informasi
Comment disabled
Copyright ©2013 Belajar Tentang Multimedia by
Theme designed by Dabloeng - Published by Template
Powered by Blogger