Memahami Tentang Pembelajaran Multimedia

Mengenal Koneksi Internet

by Unknown , at 15.12

http://multimediasuryadi.blogspot.com
hay sobat, apa kabar saya kali ini akan memberitahukan apa saja sih yang digunakan untuk Koneksi internet? ok simak langsung penjelasan berikut:

Modem dan Jenis Modem

 

1. Modem Dial-Up

 

Akses jaringan komputer melalui saluran telepon dengan menggunakan modem.
Koneksi dial-up umumnya digunakan oleh orang yang ingin mengakses internet dari rumah. Komputer yang digunakan untuk dial-up pada umumnya adalah komputer / PC (bukan jaringan komputer).
Modem ADSL 2.
Modem ADSL atau modem DSL adalah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan komputer atau router ke saluran telepon, untuk menggunakan layanan ADSL.
Untuk memecah sinyal saluran telepon menjadi suara dan data.

3. Cable Modem

 

Modem kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menghubungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel dapat digunakan untuk koneksi ke internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream downstream (kecepatan upload dari pengguna). Untuk menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu Ethernet (Ethernet card).

4. Modem CDMA 

 

Modem CDMA adalah jenis modem dengan sistem komunikasi internet melalui jalur komunikasi CDMA (Code Division Multiple Access) .Dalam berbentuk umum cdma usb modem tongkat yang dapat digunakan pada setiap waktu.Kecepatan CDMA telah mencapai 3X sistem koneksi dialup.

5. modem GSM 

 

Modem GSM memiliki kesamaan dengan modem CDMA, yaitu komunikasi internet menggunakan jalur komunikasi GSM (Global Systewm for Mobile Communication), seperti CDMA modem modem GSM juga berbentu USB, PCMCIA dan dapat menggunakan ponsel sebagai modem fitur.
Memahami Modem
Istilah Modem merupakan singkatan dari dua kata adalah Modulator Demodulator dan.
Modulator definisi adalah sirkuit untuk melakukan proses modulasi, yaitu proses "peletakan" data pada frekuensi gelombang pembawa (sinyal pembawa) untuk sinyal informasi / pesan yang akan dikirim ke penerima melalui media tertentu (seperti kabel atau media udara), biasanya berupa gelombang sinus. Dalam hal ini sinyal pesan disebut modulasi sinyal. Data dari komputer yang berbentuk sinyal digital diubah menjadi sinyal analog. Demodulator mempunyai fungsi kebalikan dari modulator (demodulasi), yaitu proses mendapatkan kembali data atau proses membaca data dari sinyal yang diterima dari pengirim. Dalam demodulasi, sinyal pesan dipisahkan dari sinyal pembawa frekuensi tinggi. Data dalam bentuk sinyal analog menjadi sinyal digital kembali diberubah mereka tersedia di komputer penerima.
Dan Modem merupakan penggabungan dari kedua sistem tersebut diatas, sehingga modem merupakan alat komunikasi dua arah.

Jenis instalasi berbasis Modem:

 

1. Modem Internal

 

Modem internal melekat ke bagian dalam CPU misalnya pada slot PCI (pada motherboard tertentu sudah dilengkapi dengan modem dari produsen). Untuk kartu modem komputer, PCI atau ISA slot kadang-kadang diperlukan, tergantung pada interface motherboard yang tersedia untuk menerima modem.
Internal Modem Komputer digunakan dengan koneksi internet dial-up melalui sepasang koneksi RJ-11. Juga dikenal sebagai kabel telepon tembaga, RJ-11 memungkinkan komputer untuk menerima dan mengirim data seperti dijelaskan di atas.
Modem komputer internal biasanya merupakan modem 56K yang berarti bahwa modem itu mampu menerima data pada 56 Kbits / detik (56 kilobits atau 56.000 bit per detik). Jenis transmisi data ini disebut transmisi downstream, datang dari provider dan ditransmisikan melalui kabel telepon. Umumnya, jumlah data adalah standar untuk bandwidth kabel telepon.
Namun, karena Internet memiliki sistem dua arah, data juga harus dikirim dari klien ke provider (server). Untuk tujuan ini komputer bisa menggunakan modem 56K V90 untuk mengirim data dalam transmisi upstream dari 33,6 Kbits / s. Di sisi lain, V 92 56 K modem mampu mengirim 48 Kbits / s transmisi upstream.

1. Eksternal Modem

 

Modem eksternal dipasang di luar CPU, umumnya melekat pada serial atau USB port pada CPU. Modem eksternal dapat digunakan untuk tujuan yang sama dan dalam kondisi yang sama dengan modem internal. Namun, modem eksternal merupakan kotak kecil yang menggunakan jenis lain dari antarmuka untuk terhubung ke komputer.
Ini bisa menjadi modem serial, dinamakan demikian karena menggunakan port serial untuk menghubungkan ke komputer. Biasanya dipasang di bagian belakang komputer, serial port merupakan pilihan yang mudah untuk menginstal ke modem eksternal. Kotak kecil yang sama, di sisi lain, bisa menjadi modem USB yang biasanya menggunakan port USB yang biasanya ditempatkan di belakang atau di depan komputer.
Yang pertama dari jenisnya dapat menjadi modem eksternal modem dial up tetapi jenis ini lebih mahal daripada internal. Sama seperti jenis lain dari modem eksternal anda mungkin mempertimbangkan dua tipe modem: modem kabel dan DSL jika Anda ingin layanan internet kecepatan tinggi. Semua ISP biasanya menyediakan modem khusus yang disebut modem digital di dalam paket broadband.
Sangat penting untuk dicatat bahwa modem kabel harus dihubungkan dengan kartu Ethernet, ditempatkan di slot yang komputer Anda PCI yang disediakan oleh koneksi internet broadband ke pengguna. Memang benar bahwa jika Anda memilih koneksi Ethernet. Tapi Anda tidak akanmembutuhkannyajikapilihanandamenggunakankoneksiUSB.

Jenis jaringan berbasis modem atau media:

 

1.Kabel Modem

 

Modem untuk mengakses menggunakan jaringan kabel, seperti jaringan kabel telepon. Modem jaringan televisi kabel menggunakan sumbu kabel untuk memberikan bandwitdth besar daripada dial-up modem komuter. Akses sangat cepat ke Web yang disediakan oleh transmisi downstream kabel modem hingga 38 Mbits / s dantransmisiupstreamhingga1Mbits / s.
DSL (Digital Subscriber Line) secara eksklusif digunakan untuk sambungan kantoryangdipindahkankepengguna telepon.
Teknologi ini, tersedia dan seringkali dipakai, dipisahkan dalam dua kategori utama:
Asymetric Digital Subscriber Line ADSLor biasanya digunakan di Amerika Utara dan mendukung transmisi downstream dari 1,5 Mbits / s hingga 9 Mbits / s dan transmisi upstream hingga 3 Mbits / s.
SDSL. SDSL atau Digital Subscriber Line simetris biasanya digunakan di Eropa dan memiliki besaran data hulu dan hilir adalah sama yaitu sekitar 128 Kbits / s.

2.Modem wireless 

 

Teknologi nirkabel untuk mengakses data merupakan bagian dari jaringan komputer yang biasanya tidak disebut modem, tetapi menggunakan istilah lain yang telah disepakati, seperti modem GSM, modem CDMA, modem HSDPA, dan modem HSUPA.
Jenis Koneksi Internet
Jenis koneksi internet adalah senagai berikut:
A.Sebuah koneksi fisik, seperti Ethernet, serat optik, modem, ADSL, wave-LAN, satelit, dan masih banyak lagi. Dalam hal konfigurasi, koneksi ini cukup dilihat sebagai:
· Point-to-point: yaitu jaringan Tipologi dengan metode transfer data antara dua simpul yang berbeda tanpa perantara atau penghalang. Dan posisi dua-simpul tingkat / paralel. Contoh: koneksi dari ISP (Internet Service Provider) untuk dimasukkan langsung ke komputer, router atau gateway.
· Point-to-multipoint: yaitu jaringan Tipologi dengan metode pengiriman / penerimaan data dari satu node ke node kebanyak. Contoh: koneksi dari ISP masuk dulu ke hub / switch dan kemudian didistribusikan ke beberapa komputer.
B. Sambungan logis misalnya alamat IP, Subnetting, ada beberapa divisi, yaitu:
· Node: terminal atau workstation yang terhubung ke jaringan. Contoh: hanya 1 IP (internet protocol), bisa langsung digunakan oleh komputer.
· Subnet: yang merupakan bagian dari jaringan TCP / IP yang diperkenalkan oleh bagian data alamat internet. Contoh: ada beberapa IP yang bisa langsung digunakan oleh beberapa komputer. Meski terpisah, logis kita masih segmen jaringan PC dengan jaringan ISP sehingga akan berpartisipasi netmask netmask ISP.
· Segmen: yang merupakan bagian dari jaringan komputer yang besar. Contoh: Anda diberi 1 IP koneksi oleh ISP, dan 1 (sub) segmen IP. Anda memiliki netmask segmen sendiri, misalnya 16 sub segmen IP netmask 255.255.255.224, atau penuh segmen 256 kelas C IP 255.255.255.0 netmask. Koneksi ini harus masuk dulu ke router / gateway sebelum menyebar ke beberapa komputer.
Perhatikan bahwa simpul koneksi logis dan segmen biasanya menggunakan titik koneksi fisik ke titik. Jika Anda menggunakan koneksi multipoint, semua melainkan bisa mubzir. Cocokkan fisik koneksi multipoint koneksi logis subnet.
C. IP internal / eksternal. IP eksternal adalah jaringan IP yang sah digunakan untuk berkomunikasi di Internet di seluruh dunia. Sedangkan IP internal hanya boleh digunakan di Intranet. Ada tiga segmen IP internal:
10.x.y.z
172.16-31.y.z
192.168.0-255.z
Jika tidak masuk dalam kelompok itu, maka IP yang sesuai adalah eksternal. Baik ISP harus menyediakan IP eksternal. Tapi ISP yang murah hanya akan memberikan IP internal. Koneksi IP internal hanya dapat dilakukan browsing, download atau chatting. Tidak dapat membuat server atau gaming.
D. dinamis / IP statis. Jika Anda menggunakan IP dinamis komputer Anda akan diberikan oleh ISP melalui DHCP, dan akan berubah secara berkala. Sebaliknya IP statis adalah tetap, Anda mengisi ketika mengkonfigurasi jaringan. Alamat IP dinamis biasanya hanya untuk koneksi node tunggal, dial-up point-to-point.

Jenis Metode Koneksi Internet:

 

1. Dial Up Connection

 

Komputer yang dilengkapi dengan modem analog dapat dial up, yang menghubungi server ISP untuk akses internet. Koneksi dial-up tidak hanya menggunakan jalur telepon rumah (PSTN), tetapi juga dapat menggunakan ponsel CDMA.
Pertama-tama, komputer melalui modem untuk memanggil telepon (dial-up) ke ISP. Setelah terhubung, komputer akan memiliki akses ke Internet dari ISP. Untuk mengakhiri koneksi internet, dilakukan dengan memutuskan hubungan telepon. Pelanggan akan dikenakan biaya layanan telepon tol ditambah jumlah bervariasi tergantung pada panjang sambungan ISP.
Dial up modem mengubah sinyal digital dari komputer menjadi sinyal suara (sinyal analog) yang ditransmisikan melalui saluran telepon atau sebaliknya. Itu sebabnya, ketika koneksi internet berlangsung, Anda tidak dapat menerima atau membuat panggilan. Dial up modem umumnya diklasifikasikan oleh jumlah bit data yang dapat ditransmisikan per detik (bps, bit per detik). Dengan keterbatasan gangguan sinyal noise, kecepatan modem dial up maksimum adalah 56 kbps.
Koneksi dengan metode ini adalah yang paling mudah untuk melaksanakan, sehingga jangkauan cukup luas. Kekurangan adalah masalah kecepatan koneksi yang paling mendasar. Kualitas jaringan telepon terpasang efek yang besar pada kualitas koneksi. Hal ini karena lebar pita frekuensi yang digunakan adalah rentan terhadap gangguan (noise) yang dihasilkan dari lingkungan. Namun, masih banyak orang yang menggunakan layanan dial-up tidak tersedia untuk hubungan layanan berkecepatan tinggi karena keterbatasan biaya atau karena keadaan geografis yang tidak memungkinkan.

2. ADSL (ADSL kecepatan akses Internet)

 

ADSL (Asymetric Digital Subscriber Line) adalah teknologi modem yang bekerja pada frekuensi antara 34 kHz sampai 1104 kHz. Ini adalah penyebab utama perbedaan kecepatan transfer data antara modem ADSL dengan modem konvensional (yang bekerja pada frekuensi di bawah 4 kHz). Keuntungan ADSL adalah untuk memberikan kecepatan tinggi kemampuan akses internet dan suara / fax secara simultan (di sisi pelanggan dengan menggunakan splitter untuk memisahkan saluran telepon dan saluran modem).
Apa bandwidth maksimum yang diperoleh ketika kita menggunakan akses internet menggunakan ADSL: Untuk line rate 384 kbps, bandwidth maksimum 337 kbps diperoleh dekat, dengan tingkat garis 384 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa diperoleh sekitar 40 Kb / s, dengan tingkat garis 512 kbps, bandwidth maksimum 450 kbps diperoleh dekat. Untuk line rate 512 kbps, throughput rata-rata (kecepatan download) yang bisa didapatkan sekitar 52 Kb / s.

3. Koneksi dengan Jaringan Leased Line

 

Leased line jaringan internet berarti jaringan tersedia untuk mengakses internet selama 24 jam sehari. Hal ini berbeda dengan dial-up, di mana akses internet hanya tersedia ketika Anda terhubung ke ISP. Oleh karena itu jaringan leased line juga sering disebut sebagai jaringan dedicated line, yaitu jaringan yang dikhususkan untuk koneksi internet. Jaringan leased line dapat menggunakan jaringan telepon, kabel khusus untuk internet, dan koneksi nirkabel. Untuk jaringan kabel, ISDN dan layanan DSL tersedia. Perhatikan uraian berikut!
ISDN adalah komunikasi melalui jaringan telepon yang dapat memisahkan aplikasi suara (data analog) data non voice seperti teks, gambar, dan video (data digital) pada jaringan yang sama. ISDN dikembangkan pada jaringan telepon. ISDN modem tidak mengubah data digital menjadi data analog atau sebaliknya untuk modem dial-up (tidak ada modulasi dan demodulasi). Modem ISDN hanya memproses data digital antara komputer dengan jaringan ISDN. Kecepatan transfer data dengan layanan ini mencapai 128 kbps, lebih cepat dari kecepatan koneksi dial-up.
Cara kerja dari jenis koneksi mirip dengan ISDN, dengan meletakkan frekuensi tinggi sinyal transmisi data yang membawa data digital pada saluran telepon. Pada pelanggan dipasang pemisah sinyal (splitter) yang memisahkan sinyal frekuensi tinggi agar tidak mengganggu sinyal suara dan sinyal fungsi operasional telepon. Dengan demikian, Anda masih dapat membuat panggilan telepon sambil berselancar. Sinyal data frekuensi tinggi diproses dalam modem DSL untuk membangun koneksi internet antara pelanggan dan ISP.
Modem DSL langsung terhubung ke ISP yang pertama dihidupkan dan menjaga hubungan ini terus berlanjut. Kebanyakan modem dapat berbagi koneksi internet dari ISP ke beberapa komputer menggunakan port Lokal Area Network (LAN) atau LAN nirkabel.
DSL kecepatan mencapai ratusan kbps ke beberapa Mbps. Ada dua jenis teknologi DSL, yaitu ASDL (Asymmetric Digital Subscriber Line) dan SSDL (Symmetric Digital Subscriber Line). Juga tersedia layanan DSL yang lebih cepat dari DSL standar, yaitu HDSL (High data-rate DSL) dan VDSL (Very tinggi DSL data-rate).

4. Satelit VSAT

 

Menggunakan koneksi satelit yang cukup koneksi yang cepat, tapi yang paling mahal. Koneksi ini kita harus menggunakan payung [hidangan khusus] untuk menangkap sinyal satelit.
a. Kecepatan dari 64 hingga 2MB [berlaku hanya di Indonesia] lebih internasional daripada 2MB.
b. Biaya bulanan tingkat bunga tetap untuk penggunaan tak terbatas dengan speed.
c.  Lokasi ditentukan oleh ISP yang menyediakan fasilitas ini.

5. HANDPHONE

 

Terhubung ke Internet melalui koneksi jaringan seluler. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth atau kabel data USB. Sementara saluran telepon secara online juga tidak terganggu. Dapat menggunakan jaringan GSM dan CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi 3.5G berkecepatan tinggi terbaru. Sementara CDMA CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Biaya hampir semuanya menggunakan sistem perhitungan yang sama per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2MB.

6. WIFI / Hotspot

 

Koneksi jenis ini mulai adegan akhir-akhir ini. Dalam beberapa kafe, mal berlomba-lomba memberikan fasilitas ini bahkan gratis untuk para pengunjung / langganan mereka. Wi-Fi dapat terhubung jika kita memiliki modem WIFI, notebook sekolah biasanya lama tidak ada bisa dibeli benar-benar sedih Slot pcmci atau USB plugs. Jika notebook baru biasanya sudah membangun di semua, smartphone dan ponsel khususnya telah memiliki wifi build in juga. sehingga langsung dapat digunakan.
- Biaya GRATIS - jika penyedia kation bebas. Jika membayar biasanya dihitung dengan jumlah kb yang digunakan, seperti isi dari model voucher hp. Ini semua tergantung pada penyedia layanan ISP / internet.
- Kecepatan 11MB - 100mb [semacam lan card]
- Lokasi biasanya di mal, kafe, dan memang ada tempat yang kita harus tahu, misalnya, kantor, rumah.

7. Cable Modem

 

Cable Modem merupakan modem yang menyediakan dua arah komunikasi sata melalui frekuensi radio (RF) infrastruktur saluran CATV (TV Kabel). Kabel modem terutama digunakan untuk menyediakan akses internet broadband dalam bentuk internet kabel dengan mengambil bandwidth yang tinggi dari jaringan televisi kabel.
Mengenal Koneksi Internet
Mengenal Koneksi Internet - written by Unknown , published at 15.12, categorized as Informasi
Comment disabled
Copyright ©2013 Belajar Tentang Multimedia by
Theme designed by Dabloeng - Published by Template
Powered by Blogger